• Cara Berkendara Mobil Hemat

    6 Cara Berkendara Mobil Hemat BBM

    Cara berkendara mobil hemat bahan bakar tentunya menjadi salah satu cara yang dicari-cari oleh banyak pengemudi kendaraan. Terlepas dari spesifikasi mobil tersebut boros atau tidak dalam mengkonsumsi bahan bakar, tentunya ada hal lain yang membuat bahan bakar lebih cepat terkuras. Cara mengemudi bisa membuat bahan bakar bisa menjadi lebih cepat habis jika digunakan pada berbagai keadaan. Mengingat bukan hal murah untuk bisa mendapatkan bahan bakar yang paling bagus, membuat anda harus memperhatikan seluk beluk kendaraan sebelum berpergian agar terhindar dari pemborosan. Selain dengan gaya menyetir, banyak pengemudi yang menambahkan bahan khusus ke dalam tangki agar bahan bakar yang dikeluarkan tidak terbuang percuma.

    Cara berkendara mobil hemat bahan bakar adalah dengan menerapkan eco driving. Dimana anda benar-benar akan memanfaatkan bahan bakar dengan memperhitungkan performa yang dilakukan, sehingga bisa mencapai titik dimana anda bisa mengeluarkan sedikit bahan bakar dengan menunjukan performa yang maksimum.

    Tips Berkendara Mobil Hemat Bahan Bakar

    Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar yang digunakan, seperti :

    1. Mengurangi Pemakaian Mobil Untuk Jarak Jauh

    Mengurangi pemakaian mobil anda untuk jarak yang tidak terlalu jauh, hal ini dikarnakan perjalanan yang memakan jarak yang pendek tidak akan mengaktifkan catalytic converter sebelum mesih benar-benar hangat. Hal ini membuat bahan bakar yang dikeluarkan akan lebih banyak dalam sekali perjalanan.

    2. Jangan Memanaskan Mobil Terlalu Lama

    Cara berkendara mobil hemat bahan bakar sendiri dilakukan sebelum anda memulai perjalanan. Pastikan anda tidak memanasi mobil anda terlalu lama, dengan cara menginjak pedal gas dalam-dalam. Memanasi mobil memang penting, namun jika anda melakukan hal ini maka bahan bakar mobil anda akan berkurang terus menerus sebanding dengan pijakan pedal gas anda. Memanasi mobil yang baik bagusnya tidak terlalu lama, bahkan untuk mobil keluaran terbaru, sudah tidak dibutuhkan lagi memanaskan mobil sebelum melakukan perjalanan.

    3. Menjaga RPM Mesin

    Tips berkendara hemat BBM berikutnya adalah dengan menjaga Rotasi per Minute (RPM) atau perputaran mesin mobil anda. Melajukan mobil dengan putaran mesin yang terlalu tinggi atau rendah dapat membuang percuma bahan bakar anda. Putaran mesin yang ideal dalam berkendara agar bahan bakar tidak keluar terlalu banyak sekitar 3.000 RPM. Selanjutnya, bagi anda yang memakai kendaraan manual dalam perpindahan gigi, anda bisa mencocokan gigi yang digunakan dengan kondisi medan yang dihadapi. Jangan sampai anda menggunakan gigi rendah di jalanan mendatar ataupun menggunakan top gear saat melintasi jalanan yang menanjak, selain akan membuat mesin mobil bekerja dengan sangat keras dan membuat ketidaknyamanan dalam perjalanan, bahan bakar yang dikeluarkan pun akan lebih banyak daripada biasanya. Silahkan baca juga tips terkait: Cara Membersihkan Mesin Mobil.

    4. Menjaga Kecepatan Yang Konstan

    Cara berkendara mobil hemat yang lain adalah dengan mengemudi dengan menekankan kecepatan yang konstan. Hal ini dilakukan untuk menghindari bahan bakar yang terbuang percuma akibat menginjak pedal gas yang terlalu sering. Menginjak terlalu dalam pedal gas akan membuat bahan bakar keluar dengan cepat. Oleh karena itu juga, hindari jam-jam sibuk, yang membuat macet jalanan. Macet akan menimbulkan mobil anda sering berhenti namun konsumsi bahan bakar terus berlanjut. Akan lebih bijak jika anda bisa menghindari kemacetan untuk menghindari konsumsi bahan bakar yang percuma. Silahkan baca juga tips terkait: Cara Merawat Exterior Mobil.

    5. Memeriksa Tekanan Ban

    Tips berkendara hemat BBM lain adalah dengan memeriksa tekanan pada ban mobil anda. Anda diharapkan tidak menggunakan ban yang memiliki tekenan udara yang kurang. Hal ini akan menambah beban mobil anda, dan tentunya akan membuat mobil mengeluarkan ekstra bahan bakar sebagai tambahan tenaga yang diperlukan. Selain itu juga, anda bisa menghindari membawa barang-barang yang berat. Hal ini berefek sama dengan anda menggunakan ban mobil dengan tekanan yang kurang. Silahkan baca juga tips terkait: Cara Merawat Interior Mobil.

    6. Mengurangi Penggunaan AC

    Hal lain yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan cara berkendara mobil hemat yang efektif adalah dengan mengurangi penggunaan Air Conditioner (AC). Kompresor AC akan memberikan beban tambahan ke mesin mobil, sehingga mobil akan lebih boros dalam konsumsi bahan bakarnya.

    Itulah 6 cara berkendara mobil hemat BBM yang bisa anda terapkan. Selain untuk menghemat pemakaian bahan bakar, cara-cara tersebut di atas juga dapat menambah masa pakai mesin kendaraan anda. Sehingga mesin mobil menjadi lebih awet dan mengurangi masalah yang mungkin terjadi di masa mendatang.

    Bagikan:

Leave a comment

If you want to share your opinion, leave a comment.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>